rockers girls

Label:


Nissa Hamzah – Bassist

Nama asli / lengkap :
Tjut Faranissa Bachrumsyah
Tempat / tanggal lahir : Jakarta, 22 April 1989
Motto hidup : “Fight to be what I want to be”
Bassist favorit : Marcus Miller, Jaco Pastorius, etc.
Band favorit : Bon Jovi, GIGI, etc.
Jenis musik favorit : Rock, Pop, Funk, banyak deh…
Group : Aria Grands (1999 – 2001)
Telor Ceplok (2000 – 2003)
Music School All Stars (2002 - 2003)
Omelette (2003 – sekarang)
Gw sangat bersyukur gw di lahirkan dari rahim seorang pemusik. Nyokap gw pemain gitar. Di era 70an, nyokap gw punya band namanya “Aria Junior”. Personel nya kakak – beradik semua, kecuali vocalist nya. Semua personil nya cewe, kecuali drummernya, adek nyokap gw yang paling kecil. Senior – senior gw di musik sih bilang, band nyokap gw pada masa nya, lumayan di kenal. Selain karna personel Aria Junior hampir semuanya cewe, saat itu band emang masih dikit banget jumlah nya. Dan stasiun TV juga baru ada satu, TVRI. Kata nya sih ampir tiap hari band nyokap gw masuk TVRI. Aria Junior bertahan ampe personel nya pada nikah, kira - kira di pertengahan tahun 80an. Tapi setelah nikah pun, tawaran - tawaran masih diterima. Hanya aja di batasin banget, karna berhubung udah pada jadi ibu, keluarga lebih di prioritaskan.
Inget cerita kayak gitu, bikin gw dari kecil pengen masuk ke dalam dunia musik. Dari masih kecil banget, balita kayaknya, gw sering ikut nonton nyokap gw kalo nyokap gw ngeband. Gw tertarik banget ama musik. Waktu kelas 3 SD, gw ngebet banget pengen belajar musik. Akhirnya gw disuruh les piano dulu ama nyokap gw. Tapi ternyata belajar piano bikin gw bosen. Gw ga gitu suka sama piano. Akhirnya cuma beberapa bulan, gw berenti. Gw pindah ke gitar. Gw berharap, gitar bisa cocok buat gw. Mudah-mudahan aja gw bisa kayak nyokap gw. Tapi ternyata ga juga, cuma tahan beberapa bulan. Belum putus asa, waktu kelas 4 SD, gw pindah lagi, belajar drum. Nah, gw rada suka ama alat musik yang ini. Mungkin ada 1 tahun gw sempet belajar drum. Tapi karna waktu itu rumah gw di renovasi, gw ngungsi and drum gw di simpen. Jadi gw brenti les and maen drum.
Suatu ketika, setelah rumah gw kelar di renovasi, sepupu - sepupu gw maen ke rumah gw. Dan kebetulan di rumah gw ada studio musik nya. Pada maen lah sepupu2 gw. Pas gw masuk studio, posisi drum udah ada yang maen. Cuma bass yang belum ada pemain nya. Yauda, gw coba aja iseng-iseng maen bass. Ternyata gw tertarik dan ada keinginan untuk belajar. Gw minta nyokap gw datengin guru bass ke rumah gw. Dan akhirnya gw private bass gt tapi gw lupa nama gurunya karna cuma sbentar gt.
Seiring berjalan nya waktu, gw makin serius maen bass. Kelas 6 SD, gw di kenalin sama Yesaya. Dia drummer gt, seumuran gw. Dia anaknya pemain gitar senior, Willy Sumantri, yang era nya sama kayak nyokap gw gt lah. Nah, pas gw kenalan, dia udah jago bgt gt. Gw masih mble’ e banget maen nya, rada jiper banget tuh. Saat itu kan gw ama kakak gw juga, Rian, dan saat itu dia maen gitarnya juga udah lumayan. Jadi bener2 cuma gw yang blum bisa apa2. Gw akhirnya minta di masukin ke kursus bass. Gw masuk lah ke farabi, April tahun 2000. Ga lama setelah gw masuk farabi, gw ama rian and yesaya ikutan festival band di Jakarta Convention Centre (JCC). Ga nyangka banget dengan skill gw yang pas2an, band gw bisa dapet juara 2. Buat gw itu suatu hal yang perlu dibanggakan, karna saat itu gw masih kelas 6 SD, dan peserta yang laen udh tua2 smua. Dan itu pertama kalinya kita ikut festival.
Di farabi gw les ama mas Dika “Ada Band”. Tapi ga tahan lama juga, hanya 6 bulan gw les, gw keluar. Gw pindah ke Purwacaraka, supaya gw bisa les sama bassist yang gw kagumi banget, sering banget gw liat dia di TV, maen sama siapa aja, dan setelah gw telusuri, namanya Indro Hardjodikoro. Dari situ, gw mulai serius banget maen bass. Gw les rada lama juga. Dan ga lama setelah gw mulai les sama mas Indro, gw ikut festival bass, pada Maret 2001. Dan ga gw sangka banget, gw bisa menang dapet juara 1. Dari situ, semangat gw makin meledak2. Gw brusaha terus supaya gw bisa maju. Gw latian terus, dan belajar dari guru bass gw, yang pada saat itu mas Indro.
Stelah itu, gw mulai sering ikut2 festival band. Dan kali ini, gw , rian, and yesaya udah punya nama band, yaitu Telor Ceplok. Nama ini keluar dari bokap nya Yesaya, kata beliau sih supaya gampang diinget aja. Telor Ceplok gak punya vocalist tetap. Selalu ganti2, dan pake additional keyboard yang ganti2 juga. Dan rata2, mreka lebih tua dari kita be3. Pertengahan tahun 2001, Telor Ceplok ikut festival band lagi di JCC. Tapi yang ngadain beda. Nama festival nya “Gong 2001”. Kita ga terlalu berharap kita bisa jadi no 1. Karna liat dari saingan nya juga, jago2 banget dan umur nya jauh dari kita. Juri nya juga musisi professional smua, dari mulai Budhy Haryono, Gilang Ramadhan, Riza Arshad, pokoknya banyak dewh. Tapi alhamdulillah, ternyata Telor Ceplok juara 1. Slaen itu, gw juga dapet best bassist. Rian dapet best guitarist, and yesaya juga dapet best drummer. Bener2 ga nyangka banget, gw masih kelas 1 smp saat itu. Dengan bangga banget kita pulang bawa 4 piala. Slaen “Gong 2001”, di akhir tahun 2001 Telor Ceplok ikut festival band lagi di ancol. Namanya “Sweet 17th Band Competition”. Dan ga nyangka juga, Telor Ceplok dapet juara 1 lagi. Gw and yesaya juga dapet best bassist and best drummer. Di tambah lagi, kita dapet best composition, karna lagu kita dinilai paling bagus dari peserta yang laen. Bener2 ga bisa dilupain deh masa masa itu.
Capek ikut festival, gw ama rian pengen masuk ke dunia rekaman. Tapi ternyata yesaya beda prinsip sama gw and rian. Dia gmau rekaman, dia masih pengen ikut2 festival. Akhirnya sambil jalan waktu, Telor Ceplok sering maen di event2 khusus kayak tahun baru, valentine’s day, pekan raya Jakarta, perpisahan sekolah, dll. Tapi lama kelamaan yesaya ngundurin diri dari telor ceplok. Ini menyebabkan gw harus cari drummer laen. Sering nonton band ny om donny suhendra (yang saat itu guru gitar nya rian), gw tertarik untuk gabung sama drummer nya. Saat itu dia masih muda, beda ama gw cuma 9 tahun. Dan dia adalah hendy, drummer asal banjarmasin. Stelah ada hendy, kita be 3 mulai cari vocalist dan buat2 lagu, karna hendy juga tertarik untuk buat album. Di tengah jalan, nyokap gw ngubungin Dewa Budjana. Maksud telfon nya nyokap gw, nyokap gw pengen ktemu dan pengen nanya2 seputar dunia rekaman. Akhirnya ktemu lah di Hilton. Dan tanpa kita ktahui, ternyata mas budjana bawa manager nya, Dhani Pette. Gtau knapa, besokan ny, mas Dhani itu malah bilang mau bantu kita untuk rekaman. Mas Dhani waktu itu baru ngebentuk POS Entertainment, yang kebetulan lagi mau nyari artis untuk mreka produce. Dan akhirnya proses rekaman pun dimulai. Dan budjana menyarankan supaya nama Telor Ceplok di ganti aja jadi Omelette.
Sayang banget, pas Omelette udah ketemu vocalist, yaitu Tessa, dan kelar rekaman, hendy di tawarin jadi drummer gigi. Dan gw ama rian juga ga bisa bilang apa2, karna memang sbenernya kita beda prinsip. Gw sama rian masih sibuk sekolah, sedangkan hendy udah serius banget di musik. Jadi mundur lah hendy dari omelette. Tapi omelette tetep jalan tanpa hendy. Jadi di cover, omelette cuma ber 3: gw, rian, and tessa. Dan album perdana omelette pun keluar pada Maret 2005.
Masuk ke POS Entertainment membuat gw blajar banyak hal. Apalagi sejak omelette sering kolaborasi sama artis2 yang lebih senior dari kita. Sampai saat ini, omelette udah pernah featuring sama Armand Maulana, Andy /rif, Shanty, Fadly Padi, Lusy Rachmawati, Tohpati, dan masih banyak lagi lah. Pengalaman kayak gini bikin gw banyak belajar. Di tambah lagi, di tahun 2005 akhir, gw di tawarin Thomas Ramdhan untuk ikutan masuk ke album Bass Heroes yang di buat SONY BMG. Suatu tantangan yang besar banget buat gw. Apalagi di dalam Bass Heroes itu ada guru2 dan idola2 gw. Tadi nya gw ga yakin, gw bilang ke mas Dhani, kayaknya gw blum layak untuk masuk ke situ. Tapi beliau berhasil meyakinkan dan membujuk gw untuk usaha dan kerja keras. Akhirnya gw bisa juga nyiptain satu komposisi yang menonjolkan permainan bass gw, judul nya “Rush”.
Saat ini, Omelette udah ada formasi baru. Gw sih pengen nya ga brubah2 lagi. Gw udah cukup nyaman sama formasi saat ini. Skrg, omelette itu:gw, rian, otto (drum), and fety (vocal). Vocalist omelette ganti karna pada pertengahan tahun 2006, tessa ngundurin diri karna lagi2 perbedaan prinsip. Slaen ama omelette, saat ini gw juga lagi bikin trio bass sama guru2/idola gw: mas Indro Hardjodikoro n mas Arya Setyadi. Gw berharap semoga gw bisa terus berkarya di dunia musik.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.